ARTI PUNK

Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.

Gearakan anak muda yang di awali oleh anak-anak sekelas pekerja ini segera merebah.Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang di picu oleh kemerosotan moral oleh para politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi,karena itu Punk berusaha menyindir dengan caranya sendiri,yang melalui lagu-lagu mereka sendi atau gaya dandananya mereka sendiri,tetapi lirik lagunya yang sederhana dan bahkan ada yang kasar,beat yang cepat dan menggertak.

Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh,karena pernah terjadi wabah lem yang berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka.Banyak pula yang merusak citra punk karena dari mereka banyak yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.

Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.

Punk juga sebuah gerakan  perlawanan bagi anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves,penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat dari lirik-lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik,lingkungan hidup,ekonomi,dan bahkan masalah agama.

Gaya Hidup Punk

Dengan definisi diatas, punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian. Gaya hidup dan pola pikir para pendahulu punk mirip dengan para pendahulu gerakan seni avant-garde, yaitu dandanan nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni dan kenyataan hidup, memprovokasi audiens secara terang-terangan, menggunakan para penampil (performer) berkualitas rendah dan mereorganisasi (atau mendisorganisasi) secara drastis kemapanan gaya hidup. Para penganut awal kedua aliran tersebut juga meyakini satu hal, bahwa hebohnya penampilan (appearances) harus disertai dengan hebohnya pemikiran (ideas).

Akibat musik punk di cap sebagai musik rock n’ roll aliran kiri,sehingga sering tidak memiliki kesempatan untuk tampil di acara televisi.Perusahaan-perusahaan pun enggan mengorbitkan mereka.

Punk di Indonesia

Berbekal etika DIY, beberapa komunitas punk di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang merintis usaha rekaman dan distribusi terbatas. Mereka membuat label rekaman sendiri untuk menaungi band-band sealiran sekaligus mendistribusikannya ke pasaran. Kemudian usaha ini berkembang menjadi semacam toko kecil yang lazim disebut distro.CD dan kaset tidak lagi menjadi satu-satunya barang dagangan,mereka juga memproduksi dan mendistribusikan t-shit,aksesories,buku dan majalah,poster serta jasa tindik (piercing) dan tatoo.Seluruh produk di jual dengan harga yang sangat terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: